2011/12/11

Perahu Kertas

Holla! Gue mau sedikit berbagi tentang sebuah novel, ini loh yang ini!


Gue tau itu novel cukup lama, untuk seorang yang membacanya diakhir tahun 2011.. Tapi gue sendiri udah lama ngincer buku itu cuma suka cover sama sinopsis, tapi pas lihat tebelnya gue hanya dapat berkata 'ih...' Gue kadang suka buku tebel, kadang. Sesuai mood, dan mungkin mood gue sedang diterpa suatu benda sampe-sampe cuma sehari baca novel ini. Gue mulai baca novel ini jam 9 malem, kemarin dan baru selesai baca hari ini. Tadi tepatnya, pokoknya gue habis mandi dan gue udah bertekad: Habis mandi posting tentang buku yang satu ini.
Buku ini pinjeman, yak dibilang juga awalnya cuma suka cover-nya entah apa yang membuat gue meminjam novel ini kepada Nj (Nadya Jeihan R.) Gue meminjam buku ini sewaktu gue bermain kerumahnya, terus gue menemukan buku ini di rak bukunya. Gitu. Doang. Setelah gue ingat-ingat kembali saat itu gue sedang berpuasa, jadi mungkin itu penyebabnya! Wkwkwk
Buku ini, nggak bohong SERU ABIS! saking napsunya gue ngetik, gue sampe nulis 'ESRU A?ABID'. Gue baca Chapter pertama, ada tokoh bernama Keenan. Gue langsung teringat masa lalu, zaman dahulu... masa-masa indah... ketika... GUE MEMBACA BUKU BERJUDUL SWEET EDELWEISS HAHAHAHAHA yakali emang masa-masa indah apaan, punya temen juga nggak sama yang bernama itu. Gue teringat doi, di novel itu, gue jatuh cinta abis. dari awal cerita di perahu kertas pun yang bernama 'keenan' keren abis. Jago ngelukis, pindahan dari Belanda. Selebihnya mungkin nggak gue tumpahkan disini. Disitu dia keren abis, nggak kalah sama di novel Sweet edelweis. Entah para pengarang yang membuatnya sempurna atau apa, tapi itu bener-bener keren. Tokoh keenan seakan-akan hidup, pengarang tuh emang jago banget ya ngehidupin orang! Gue sampe senyam-senyum kayak orang gila, bedanya kalo orang udah gila ini tambah gila gara-gara keenan. Bener-bener keren #sakali.
Ada juga tokoh bernama Kugy, nama yang unik. kali ini gue nggak kaget denger nama dia, nggak pernah denger namanya jadi biasa aja. Cuma gue shock di awal gue baca ini tokoh kenapa gini amat, eh taunya WHOAAAA banyak kata-kata terucap seperti 'ih...' 'wah...' 'haaaaaa...' apalagi jika dilengkapi dengan Keenan, gue semakin 'raaaaaaaaaawwwwwrrrrrrrrrrrr...' kenapa nggak gue aja yang jadi Kugy... Dia juga penggemar Neptunus, kayak Nj penggemar Saturnus, mungkin gue bakal jadi pecinta Uranus, who's next?
Sebenernya kadang gue nggak suka baca novel yang bahasanya berat, susah berimajinasi. Karena justru itu yang membedakan novel dengan buku-buku lain seperti komik, tapi yang satu ini walau terkadang bahasa yang digunakan berat tapi gue tetep bisa berimajinasi. Mungkin karena faktor keenan. WAWAWA!
Imajinasi gue mungkin nggak sekreatif yang seharusnya anak SMA bisa bayangkan, salah satunya dibagian cerita pas Keenan bikin lukisan yang tertuju pada Kugy, yang nggak ada yang tau. Lukisan itu berbentuk hati yang dipenuhi relief abstrak kayak gelombang air di seluruh permukaannya. dan yang ada di bayangan gue adalah ini               

Hati berwarna biru, gelombang-gelombang air diagonal berwarna merah dan inisial 'KK' Keenan Kugy kali yak. Setelah gue pikir-pikir ini ada yang ganjil. Bukannya orang sedang kasmaran tapi ini judulnya orang yang dilanda kebingungan akan warna-warna. Yang dituliskan di buku ini inisial 'KK' nggak mencolok, jadi cuma yang mengerti seni lukis bisa mengetahui dimana letak inisial tersebut. Dan kenapa hatinya biru, airnya merah dan inisalnya berwarna kuning? Bukannya warna hati dan air kebalik? HAHAHAHA Terus kenapa airnya harus diagonal? Jujur, ini imajinasi yang ada dalam pikiran gue. bentuk, warna, persis. hanya saja tak dapat menggambarnya. 

No comments:

Post a Comment